Rabu, 01 Maret 2017

ERA INFORMASI DAN PERAN IT DALAM BISNIS
1.Jenis-jenis aplikasi apa saja yang dijelaskan disini? Fungsi bisnis apa saja yang didukung oleh aplikasi tersebut?
Jawab ; GE Mobole Center of Excellence (nama salah satu divisi di organisasi General Electric) telah mengembangkan aplikasi iPhone dan iPad, diantaranya;
·         Aplikasi diagnosis terspesifikasi untuk industry
·         aplikasi pengawasan
·         aplikasi intelijen bisnis untuk pengambilan keputusan serta menentukan pola dan tren berdasarkan sejumlah besar data
·         aplikasi roambi visualizer memungkinkan jajaran Dow Corning untuk menyimak dan menganalisis data dari system utama perusahaannya seperti: grafik penjualan, tren, proyeksi secara real-time menggunakan iPhone.
·         Aplikasi Analisator untuk iPhone yang diterapkan olrh Dow Corning, mampu memantau lalu lintas pada web mereka.
·         Sunbelt menciptakan Aplikasi Mobile SalesPro. Aplikasi ini menghubungkan system penjualan,k pengendaalian persediaan, system manajemen, dan system penunjang operasional perusahaan.
2. Jelaskan mengenai masalah-masalah yang diselesaikan oleh organisasi bisnis menggunakan perangkat-perangkat digital mobile?
2.         Perangkat digital modern dapat membantu perusahaan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada dalam suatu usaha, seperti :
a.         Sistem keamanan
Suatu perusahaan memerlukan system keamanan yang baik untuk dapat menjaga data-data penting terkait perusahaan. Dengan adanya perangkat digital modern, perusahaan dapat meningkatkan keamanannya menjadi lebih baik dan mudah untuk dijalankan, sehingga pengguna dapat mengakses dengan rasa aman.
b.         Mobilitas
Suatu perusahaan memerlukan mobilitas yang baik untuk dapat menjalankan usahanya. Salah satu keuntungan IT adalah mempermudah perusahaan untuk dapat bekerja dimana pun dan kapan pun saat diperlukan. Dengan adanya IT, seorang pekerja dapat menjalankan aplikasi-aplikasi terkait program office tanpa terhalang tempat dan juga waktu.
c.         Informasi
Suatu perusahan memerlukan informasi untuk dapat menyelesaikan masalah-masalahnya. Informasi dapat berupa komunikasi dan data-data terkait perusahaan. Selain itu informasi dapat membantu dalam hal pengawasan, sehingga suatu perusahaan dapat dikontrol secara baik.
3. Jelaskan keuntungan apa saja yang diperoleh perusahaan ketika mereka melengkapi karyawannya dengan perangkat digital mobile,seperti Iphone dan IPad?
Jawab; Perangkat digital mobile seperti Ipad dan Iphone menyediakan akses langsung untuk seluruh kegiatanoperasional perusahaannya, sehingga dapat menganalisis data pelanggannya, memperbarui konten yang dimasukkan dalam web perusahaannya, ataupun mengetahui desain baru yang dibuat. Ipad Jackson mencangkup fitur kalender, surel, pengelolaan kontak, serta kemampuan untuk menciptakan dan mengedit dokumen, pengolah angka, dan slide presentasi, semua fitur itulah yang diperlukan untuk berkomunikasi dengan kantor, diler maupun pelanggannya.
4. Jelaskan bagian-bagian mana saja yang menunjukkan bahwa IT memiliki kegunaan dasar dalam:
a. Solving Problem
b. Unlocking Creativity
c. Make People More Effective
Jawab :
a.         Solving Problem
Suatu perusahaan sering kali terkendala dalam bidang keamanan, komunikasi, dan juga manajemen. Dengan adanya IT, perusahaan dapat meningkatkan system keamanan digital, sehingga semua kegiatan dapat terpantau dan tercatat dengan detail. Komunikasi biasanya harus terjadi dengan tatap muka. Dengan adanya IT, informasi dapat diberikan tanpa harus adanya komunikasi dengan tatap muka langsung. Selain itu dalam memanajemen kegiatan perusahaan, IT sangat membantu melalui aplikasi-aplikasi perkantoran yang mampu mengolah data, mengedit data, dan juga mengawasi penggunaan aplikasi oleh pekerja atau karyawan.
b.         Unlocking Creativity
IT dapat membuka kreativitas yang tidak terbatas melalui berbagai aplikasi, mulai dari aplikasi untuk mengolah data, membuat suatu karya, mengedit data dan karya yang lain. Selain itu IT mampu membuka cakrawala pengguna melalui informasi global yang tanpa batasan, tidak hanya itu IT bersifat memudahkan pengguna, dengan berbagai fasilitas yang mampu mewadahi keinginan penggunanya.


c. Make People More Effective

Di zaman modern saat ini, IT sangat diperlukan untuk mempermudah manusia dalam beraktifitas sehari-hari. Saat ini IT dapat membuat waktu pekerjaan menjadi lebih efisien dengan aplikasi program tertentu yang mempermudah manusia dalam berbagai kegiatan seperti kegiatan perkantoran dengan program office, kegiatan rumah tangga dengan mesin-mesin tertentu, dan sebagainya. Selain itu IT juga dapat membuat suatu perkerjaan menjadi efektif dengan menghemat biaya, karena dengan IT semua hal mampu dimaksimalkan dengan baik dan tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar